Kamis, 10 Maret 2016

tanam lemon

Alat dan Bahan :
  • Buah lemon organik
  • Pot penyemaian
  • Tanah berhumus
  • Pupuk kompos
  • Pupuk kandang
  • Plastik
Langkah-langkah :

  1. Pilih buah lemon organik yang terbaik untuk bibit. (buah berusia tua, berwarna cerah, tidak cacat), ambil biji-bijinya masuk kemangkok agar kelembabannya.
  2. Siapkan pot penyemaian yang memiliki diameter 10-15 cm dengan kedalaman 15-20 cm. Campurkan media tanam berupa tanah berhumus dan pupuk kompos secara merata, bertekstur remah, dan lembab. Masukkan media tanam ini ke dalam pot sampai penuh. Buat lubang penanaman seukuran jari telunjuk dengan jarak 5 x 5 cm dan kedalaman 1 cm.
  3. Biji-biji lemon ditanamkan pada pot penyemaian dengan jumlah 1 biji/lubang. Kubur biji tersebut dengan tanah tanpa ditekan-tekan dan siram secara perlahan. aga kondisi pot penyemaian tetap lembab, pasanglah lembaran plastik sebagai penutup pot lalu lubangi agar biji tetap bisa mendapatkan oksigen.
  4. Bibit lemon bisa dipindahkan ke pekarangan rumah setelah bibit tersebut berukuran 5-10 cm. Angkat bibit-bibit ini bersama media tanamnya untuk menjaga bagian akar tumbuhan tidak rusak. Proses pemindahan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari sehingga tanaman bisa beradaptasi dengan sempurna terhadap lingkungan barunya.
  5. Kunci dari penanaman lemon organik agar cepat berbuah adalah pencahayaan. Pastikan mendapatkan sinar matahari, samping pohon berukuran besar atau di bawah kanopi, karena sinar matahari terhalang.
  6. Pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang untuk merangsang pertumbuhan bakal buah lemon. Pupuk tambahan ini berfungsi untuk menjaga tingkat kesuburan tanah, sehingga tanaman lemon bisa memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya. Pemberian pupuk idealnya dilakukan setiap tiga bulan sekali.
  7. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah pemberantasan hama dan penyakit dengan metode-metode alami di sini sehingga tanaman lemon bisa tumbuh sempurna. Lakukan juga pemangkasan pada cabang dan ranting pohon secara berkala untuk memicu tumbuhnya cabang-cabang baru yang lebih produktif. Pada umumnya, tanaman lemon akan menghasilkan buah setelah berumur 3-5 tahun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar